Headlines News :
Home » » Sebuah Analisa Atas Kemenangan Jokowi-Ahok

Sebuah Analisa Atas Kemenangan Jokowi-Ahok

Written By joker.com on Kamis, 20 September 2012 | 05.08

Bagian Pertama
Penulis : Kasim Suriadinata
Kamis 20 September 2012 Jakarta menyelenggarakan Pilkada Gubernur DKI putaran kedua. Warga DKI berbondong-bondong mendatangi TPS masing-masing yang tersebar di seluruh wilayah DKI untuk melaksanakan hak pilih mereka menentukan pilihan, siapa pemimpin mereka untuk lima tahun mendatang.
Ada dua pasangan tersisa , setelah diputaran pertama ada 6 pasangan yang hasilnya tidak memperoleh suara 50 % + 1. Di peringkat atas ada Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan Basuki Tjahya Purnama (Ahok) yang memperoleh suara 43 % dan dan diperingkat dua Fauzi Bowo (Foke) yang berpasangan dengan Nahrowi Ramli (Nara), yang memperoleh suara 34 %.  Dua pasang inilah yang maju pada putaran kedua, berebut simpati warga DKI untuk  dapat menduduki posisi DKI 1 dan DKI 2.
Fauzi Bowo & Nahrowi mendapat dukungan partai-partai besar ; Demokrat, Golkar, PKS, PPP ada di dalamnya. Disamping itu , organisasi-organisasi masyarakat berbasis kedaerahan (Betawi) dan yang berbasis keagamaan (Islam), kompak memberikan dukungan penuh pada Foke &Nara. Sebagai calon "incombent" dia juga mendapat dukungan dari aparatur di bawahnya. Sedang Jokowi&Basuki hanya didukung satu partai besar yaitu PDIP dan satu partai menengah yaitu Gerindra. Tidak terlalu banyak ormas-ormas  yang secara eksplisit memberikan dukungan padanya.
Bila dilihat dari komponen-komponen pendukung, Foke & Nara memiliki kesempatan yang paling bagus dan bagi para pendukungnya menjadi ukuran optimis menang. Tapi apa yang terjadi, walaupun pada saat artikel ini ditulis, kemenangan Jokowi & Basuki baru dinyatakan menang menurut penghitungan cepat (quik qount) yang dilakukan lembaga-lebaga survey. Lembaga Survey Indonesia (LSI) mencatat 53,81 % suara memilih Jokowi & Basuki dan 46,19 % untuk Foke & Nara. Sedang menurut Indo Barometer, 54,11 % untuk Jokowi & Basuki dan 45,89 % untuk Foke & Nara.
Berkaitan dengan perolehan angka ini, Fauzi Bowo sempat menelpon Joko Widodo untuk menyampaikan ucapan selamat, walaupun kemenangan yang sebenarnya adalah hasil penghitungan suara yang akan dilakukan KPUD DKI dan akan diumumkan secara resmi.

Fenomena apa yang terjadi ?
Jauh sebelumnya, banyak orang memperkirakan bahwa pasangan Jokowi & Basuki tidak akan mampu menandingi pasangan Foke & Nara. Alasannya ? Pasangan itu punya titik-titik lemah, yaitu ;
Pertama ; Baik Joko Widodo maupun Basuki Tjahya Purnama bukanlah penduduk DKI. Joko Widodo adalah Walikota Solo, yang sampai saat ini dia masih memegang jabatan itu. Basuki Tjahya Purnama(Ahok) ialah mantan Bupati Buton Timur. Dia dari etnis Tionghoa dan beragama non Islam.
Kedua ; Dukungan politik sangat kecil dibanding dukungan politik kepada Foke & Nara
Ketiga : Keduanya pejabat-pejabat yang posisinya notabene dibawah gubernur, dan belum berpengalaman "bertanding" di level pilgub.

Sedangkan bagi pasangan Foke&Nara titik-titik tersebut sangat kuat dan rapat. Mereka penduduk DKI, etnis setempat (Betawi), beragama Islam. Tidak heran ketika masyarakat DKI yang kental ke"Betawian" nya dan religius mendukung habis-habisan atas pasangan tersebut. Bahkan bagi masyarakat Betawi yang sangat kental keagamaannya (Islam) ketika berhadapan dengan "pendatang yang ingin menguasai Jakarta" dan beragama lain, dianggap bukan hanya disaingi, tapi harus dilawan. Terbukti dengan adanya isu-isu sara .(walaupun kasus Rhoma Irama tidak bisa dikategorikan SARA) . Selain itu Fuzi Bowo adalah pejabat yang sudah sangat menguasai level ini. Dia adalah Gubernur DKI dan sebelumnya menjabat Wakil Gubernur.

Lalu, mengapa penduduk DKI lebih banyak memilih Jokowi & Basuki yang disebut "pendatang yang ingin menguasai Jakarta" dan beragama lain" ? Inilah pertanyaan yang harus dijawab dengan argumen-argumen kuat yang dapat dijadikan pembelajaran bagi bangsa ini dalam melakoni politik kebangsaan dan politik kenegaraan.




Share this post :

Posting Komentar

 
Support : YPK | JKR | JKR
Copyright © 2010 okabe.com - All Rights Reserved
JOKER JOKER Published by JOKER
Proudly powered by POSTING