Headlines News :
Home » » Sekedar saran : Korban Banjir Karawang, bukan hanya butuh Supermie.

Sekedar saran : Korban Banjir Karawang, bukan hanya butuh Supermie.

Written By joker.com on Senin, 21 Januari 2013 | 07.35

Banjir di Kec.Cilamaya Kulon
Akibat begitu tingginya curah hujan di bulan Januari ini, beberapa tempat di Kabupaten Karawang terkena banjir. Ketinggian rendaman air dan akibat-akibatnya bervariasi. Di Kecamatan Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Karawang Barat dan Karawang Timur, banjir hanya sebatas meredam pemukiman sekitar 30 cm sampai 1 meter.
Di Kecamatan Tempuran, Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Cilebar, Pedes, Kutawaluya, Cibuaya, banjir sebagian besar meredam pesawahan yang mengakibatkan kegagalan bagi para petani. Sedangkan di Kecamatan Rengasdengklok, Batujaya dan Pakisjaya, banjir meredam rumah (pemukiman) yang ketinggiannya cukup membuat penduduk khawatir dan perlu mengungsi. Selain itu beberapa rumah rusak diterjang air akibat jebolnya tanggul Citarum.

Jadi, banjir di Karawang memiliki 3 katagori dengan permasalah dan penyebabnya berbeda.

Katagori 1 (Kec.Telukjambe Barat, Telukjambe Timur,Karawang Barat dan Karawang Wetan), banjir disebabkan oleh saluran-saluran air yang tak lagi mampu mengalirkan air hujan. Hal ini disebabkan pemukiman yang tidak dilengkapi dengan sistem drainase yang memadai. Kalupun ada, saluran-saluran tersebut banyak tersumbat oleh tumpukan sampah. Selain itu, seperti kawasan perkotaan lainnya, permukaan tanah yang dimungkinkan menjadi resapan air hujan, sudah sangat minim. Beton dan aspal lebih banyak menutupi permukaan tanah. Air hujan kemudian menumpuk di permukaan tanah, dan sulit mengalir karena saluran-saluran yang ada terlalu kecil dan tersumbat sampah pula. Selain itu, banjir di wilayah tersebut juga disebabkan meluapnya air sungai Citarum.

Katagori 2 (Kec.Tempuran,Cilamaya Wetan,Cilamaya Kulon,Cilebar , Pedes, Kutawaluya,Cibuaya), banjir  lebih disebabkan oleh letak daerah tersebut berada di  dataran paling rendah dan datar. Air hujan akan mengalir dari daerah yang lebih tinggi dan menyebar ke tempat-tempat rendah dan berbenturan dengan air laut. Dataran yang terendam air sebagian besar adalah pesawahan.

Katagori 3 (Kec. Rengasdengklok, Cibuaya dan Pakisjaya) banjir lebih disebabkan karena luapan air Sungai Citarum. Diperparah dengan jebolnya beberapa titik tanggul penyangga. Salah satunya tanggul Citarum yang jebol pada hari Sabtu (19/1/2013) di Desa Telukbango.

Atas analisa itulah, kita perlu memahami persoalan banjir di Karawang, sehingga kita bisa memberikan perlakuan yang tepat. 

Perlakuan preventif.

Tindakan yang paling penting ialah mengupayakan bebagai tindakan agar penyebab-penyebab banjir itu tidak ada dan tidak terjadi. Pada katagori1 , upaya kita adalah penataan lingkungan yang sehat dan terkontrol. Dalam mengelola hal ini saya yakin sudah banyak ahli yang memahaminya.
Pada katagori  2, upaya kita adalah mengeruk setiap saluran dan sungai di Karawang, terutama di hilir sungai. Tentu bukan hanya satu kali, tapi dilakukan  secara rutin.
Sedang pada katagori 3, upaya yang harus kita lakukan, adalah bagaimana tanggul Sungai Citarum sepanjang wilayah Kabupaten Karawang, kokoh. Tentu pengokohan tanggul ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten Karawang, tapi juga Pemerintah Pusat.

Perlakuan pada korban banjir
.
Melihat ketiga katagori terjadinya banjir di Karawang, maka perlakuan terhadap korbanpun perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan penderitaan mereka.
Di kawasan katagori 1, yang sangat dibutuhkan korban adalah tempat pengungsian yang memenuhi syarat kesehatan, disamping berbagai kebutuhan pokok hidup mereka selama di pengungsian.
Di kawasan katagori 2, korban membutuhkan bantuan atas kerusakan tanaman mereka..Bisa bibit , pupuk dan obat-obatan pembasmi hama , atau dana tunai untuk keperluan tersebut.  Pada umumnya di kawasan tersebut pemukiman mereka tidak tergenang air.
Sedang di katagori 3, selain bantuan kebutuhan pokok hidup,perbaikan tanaman (usaha) mereka, juga perlu bantuan dana perbaikan rumah-rumah mereka yang rusak karena banjir.

Jadi memperlakukan korban banjir di Karawang, perlu disesuaikan dengan kebutuhannya.
Bukan hanya "SUPER MIE"

Ditulis oleh : Kasim Suriadinata.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : YPK | JKR | JKR
Copyright © 2010 okabe.com - All Rights Reserved
JOKER JOKER Published by JOKER
Proudly powered by POSTING