Headlines News :
Home » » Mulai Tahun Ini, Muhammadiyah Tidak Ikut Sidang Isbat

Mulai Tahun Ini, Muhammadiyah Tidak Ikut Sidang Isbat

Written By joker.com on Rabu, 27 Juni 2012 | 06.50



Jakarta, - Mulai tahun ini, Muhammadiyah tidak lagi mengikuti sidang isbat yang biasa digelar Kementerian Agama untuk menentukan awal puasa Ramadhan dan Idul Fitri. Muhammadiyah tetap dengan metodenya yani menggunakan ilmu esakta yaitu astronomi untuk menetapkan.
Tahun ini, Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa Ramadhan jatuh pada 20 juli 2002 dan salat taraweh dimulai pada 19 Juli 2012 malam.
"Kami sudah bisa menetapkan awal puasa juga hari raya sampai seratus tahun ke depan. Hal itu karena kami memiliki rumus esakta seperti astronomi dan falak sehingga sidang Isbat tidak diperlukan lagi oleh kami," ujar Din Syamsuddin, Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah, di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (27/06/2012). Dia menilai, pelaksanaan sidang Isbat bertentangan dengan prinsip demokrasi. Hal tersebut mengacu pada dalam proses sidang Isbat tersebut tidak ada diskusi. Dalam sidang tersebut keputusan hanya dipegang oleh satu orang dan hal tersebut menurutnya tidak layak bagi kalangan lainnya yang menghendaki saling tukar pikiran seperti yang diharapkan Muhammadiyah.
"Menurut kami sidang isbat tidak perlu karena melalui sidang itu pemerintah tidak mengayomi umat. Dalam sidang itu banyak kalangan tidak terwadahi aspirasinya karena tidak ada tukar pendapat," tambahnya.
Sidang isbat adalah sidang untuk memutuskan awal puasa dan jatuhnya hari raya Idul Fitri yang dihadiri oleh ormas keagamaan Islam. Keputusan dalam sidang isbat sepenuhnya ada dalam tangan Kemenag.

ks/kompas.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : YPK | JKR | JKR
Copyright © 2010 okabe.com - All Rights Reserved
JOKER JOKER Published by JOKER
Proudly powered by POSTING